Skip to main content
cara membuat pakan fermentasi ternak kambing

Pemilihan Pakan Yang Mencukupi Kebutuhan Gizi

Pakan adalah hal yang terpenting untuk menunjang proses penggemukan kambing, yaitu suatu aktivitas pemeliharaan kambing yang sebelumnya dalam kondisi kurus selanjutnya di tingkatkan berat badannya melalui proses pembesaran daging yang memakan waktu sekitar 3 – 5 bulan lamanya.

Makanan kambing biasanya berupa hijau – hijauan segar, seperti: rumput gajah, daun lamtoro, daun turi, daun singkong yang berprotein cukup tinggi, daun nangka dan daun pepaya. Tapi sebelum memberikan daun – daunan hijau pada kambing sebaiknya di lakukan penjemuran atau di layukan terlebih dahulu, sekitar 2 – 3 jam di bawah terik matahari yang bertujuan untuk menetralkan kemungkinan racun berbahaya yang ada di dalam daun – daunan hijau tersebut.

Jika kambing sampai keracunan, si kambing bisa mabok, sakit dan bahkan mengalami kematian. Selain itu, kambing juga bisa diberi jerami (dari tanaman jagung, kedelai, padi, tebu atau yang lainnya), kulit umbi – umbian (seperti kulit singkong, ubi jalar dan yang lainnya), kulit kacang – kacangan (bisa kacang tanah ataupun kulit kopi), serta sayur – sayuran sisa dari pasar.

Kebutuhan hijauan untuk kambing sekitar 70% dari total pakan. Kambing juga membutuhkan makanan padat atau konsentrat sekitar 30% yang berguna untuk mempercepat penggemukan. Bisa di beli di toko pakan ternak atau di ganti menggunakan bekatul, ampas tahu dan ketela pohon yang sudah di cacah dengan perbandingan 40% : 40% : 20% . Kombinasi bahan tersebut harus mencapai 3 kg, karena sebanyak itulah yang harus di konsumsi 1 ekor kambing per harinya.

Kambing di beri makan 2 kali sehari, jam 8 pagi dan jam 4 sore. Total pakan dalam sehari adalah 10% dari berat badan kambing. Pakan hijau – hijauan tidak di anjurkan di berikan bersamaan dengan pakan konsentrat, karena kandungan nutrisinya berbeda. Di sarankan, sebaiknya pakan konsentrat di berikan saat kambing sudah banyak mengkonsumsi hijau – hijauan, tapi belum juga terlihat kenyang. Jangan lupa juga untuk memberi minum dengan air bersih sekitar pukul 3 sore. Minuman yang paling bagus adalah air cucian beras yang sudah di campur dengan sedikit bekatul atau dedak.

Selain di berikan rumput, daun hijau dan juga makanan konsentrat. Kambing masih membutuhkan pakan pelengkap dengan kandungan gizi ternak yang belum terdapat pada 3 jenis makanan sebelumnya. Pemberian pakan pelengkap ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan lagi pertumbuhan, kesehatan dan produksi ternak. Kambing dapat di berikan suplemen makanan yang mengandung asam amino esensial pembentuk sel dan organ tubuh, mengandung vitamin lengkap yang berguna untuk daya tahan tubuh dari serangan penyakit, serta mineral – mineral pelengkap (N, P, K, Ca, Mg, Cl dll) sebagai penyusun tulang dan darah, juga memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Bisa menggunakan suplemen merek Viterna yang bisa di larutkan bersamaan air atau pakan ternak yang akan di berikan.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing 

Cara membuat pakan fermentasinya sangatlah mudah dan manfaat yang diberikan oleh pakan fermentasi sangat bagus bagi hewan ternak kita, manfaat yang diperoleh diantaranya seperti:

  • Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan ( bisa disimpan sampai berbulan-bulan )
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
  • Daging hewan terutama kambing rendah kolesterol dan tidak “prengus”
  • Kotoran hewan tidak menimbulkan bau/amoniak
  • Kotoran/limbah hewan berkualitas untuk dimanfaatkan menjadi pupuk

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing Pola HCS 

Untuk pembuatan pakan fermentasi yang satu ini saya menggunakan pola HCS , kenapa saya pilih menggunakan pola HCS . Karena cara ini telah diaplikasikan oleh banyak peternak besar , dan hasilnyapun sangat memuaskan .

Bahan yang diperlukan: 

  • Tempat fermentasi (bisa terpal , tong besar , bak , atau plastik besar) Para peternak biasanya menggunakan terpal untuk membuat pakan fermentasi , tapi bisa juga menggunakan tempat-tempat yang sudah saya sebutkan tadi
  • Bahan organik bisa jerami , gedebog pisang atau kolbis
  • Dedak , Bekatul & Ampas tahu
  • Gula pasir
  • Garam
  • Suplemen probiotik ( saya sarankan untuk pemilihan suplemen probiotik anda menggunakan SOC – HCS , Karena penggunaan suplemen ini sangat berdampak bagus pada hewan ternak anda)

Langkah – Langkah Pembuatan

Sebelum proses pembuatan pakan fermentasi dimulai alangkah lebih baiknya jika 15 menit sebelum pembuatan anda melarutkan dulu Suplemen probiotik SOC – HCS dengan Air & Gula Pasir . Setelah proses pelarutan ini selesai sekarang kita masuk kedalam langkah-langkah pembuatan pakan fermentasi :

cara membuat pakan permentasi
  1. Siapkan terpal untuk tempat pembuatan pakan fermentasi
  2. Letakan gedebog pisang atau jerami yang sudah dicacah diatas terpal
  3. Letakan pula bahan-bahan lain seperti dedak , bekatul , ampas tahu secara merata
  4. Selanjutnya berikan atau taburi bahan-bahan tadi dengan garam
  5. Setelah itu siram semua bahan tadi dengan larutan suplemen probiotik SOC – HCS yang telah dilarutkan dengan air dan gula pasir .
  6. Selanjutnya aduk semua bahan tadi secara merata
  7. Setelah diaduk proses terakhir adalah dengan menutup bahan pembuatan  sehingga kedap akan udara (udara tidak masuk ke dalam) . Proses fermentasi sedang berlangsung tunggu hingga 1-3 jam untuk pakan fermentasi yang terbuat dari gedebog pisang , dan untuk pembuatan pakan yang terbuat dari jerami tunggu sampai 24 jam atau 1 hari baru bisa digunakan .

Ciri ciri Pakan Fermentasi yang Berhasil

Untuk melihat hasil pembuatan pakan fermentasi apakah jadi atau tidak anda bisa lihat dari 3 kategori berikut:

  1. Ada peningkatan suhu
  2. Ada perubahan warna
  3. Pakan fermentasi Jadi lapuk/empuk

Jika di dalam pakan fermentasi anda terdapat kategori diatas , itu tandanya proses pembuatan pakan fermentasi anda telah berhasil dan sekarang anda bisa memberikan nya kepada hewan ternak sapi anda

Cara Pemberian Pakan Fermentasi

Untuk pemberian pakan fermentasinya sendiri sama dengan cara pemberian pakan biasa , akan tetapi sebelum diberikan kepada hewan ternak , pakan fermentasi alangkah lebih baiknya jika dianginkan terlebih dahulu selama 15 menit , setelah itu baru bisa diberikan kepada hewan ternak anda.

Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Suplemen Probiotik SOC – HCS ?

Yang harus anda ketahui adalah , SOC atau kependekan dari suplemen organik cair ini merupakan suplemen yang sangat bagus diberikan kepada hewan ternak anda karena mampu merangsang percepatan pertumbuhan berat dan kesuburan pada hewan ternak , selain itu terdapat pula keunggulan lainnya yang diantaranya diantaranya meliputi :

SOC- HCS Suplemen Probiotik
  • Mampu menjaga dan menyehatkan ternak
  • Mengurangi biaya produksi dan perawatan, karena jika menggunakan produk lama yang berbahan kimia biaya operasionalnya mahal.
  • Mengurangi stress dan menekan penyakit, sehingga memperkecil angka kematian.
  • Meningkatkan antibodi pada ternak sehingga tidak gampang diserang penyakit.
  • Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam rumen dan meningkatkan nafsu makan.
  • Mempercepat pertumbuhan ternak dan terbukti untuk kambing bisa meningkat hingga 2,5-4kg/minggu. Tanpa menggunakan SOC rata 2,5 kg/bulan.
  • Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging, sehingga akan lebih menguntungkan peternak. Untuk kambing dan sapi kualitas maupun kuantitas daging sangat bagus, untuk unggas peteror telur jadi lebih besar dan banyak

Nah itu tadi merupakan sekilas paparan mengenai suplemen probiotik SOC – HCS , jika anda berniat mencoba membuat pakan fermentasi seperti diatas , ada baiknya anda menggunakan SOC – HCS supaya hasil yang didapatkan bisa jauh lebih maksimal .

Bersambung ke: Pemeliharaan Kesehatan Kambing

Sumber:
http://tipspakanfermentasiternakdomba.blogspot.qa/2016/02/tips-membuat-pakan-fermentasi-ternak-domba.html

cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing,cara membuat pakan fermentasi ternak kambing

error: Content is protected !!